Posted by: difershindo | October 6, 2008

Tarif Data Telkomsel Turun 58 Persen

Generated image

JAKARTA–setelah memberikan diskon untuk layanan suara dan SMS, Telkomsel memberikan diskon untuk layanan data. Tarif layanan data yang sebelumnya Rp 12/ kb diturunkan menjadi Rp 5/kb atau turun 58,3 persen. .

Manager Corporate Communications Suryo Hadiyanto menyatakan penurunan tarif layanan data untuk melengkapi penurunan tarif komunikasi Telkomsel. ”Penurunan tarif sekaligus menjawab kebutuhan pengguna layanan mobile internet Telkomsel maupun multimedia,” kata Suryo.

Pengguna layanan data dan multimedia Telkomsel mendekati angka 10 persen dari seluruh pelanggan Telkomsel yang mencapai 53 juta. Pengguna layanan ini diperkirakan mencapai 5 juta.

Sebagaimana layanan suara dan SMS, Suryo memastikan bahwa layanan data dan multimedia didukung oleh jaringan berkualitas. “Pada dasarnya layanan mobile data wajib didukung oleh jaringan yang luas dengan core network yang senantiasa dipersiapkan mendukung implementasi teknologi terkini,” ujaranya.

Telkomsel merupakan operator selular yang menggelar akses layanan data terlengkap berbasis teknologi GPRS (Global Packet Radio Service), EDGE (Enhanced Data rate GSM Evolution), 3G WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access) dan HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access).

Teknologi berbasis HSDPA memberikan kecepatan hingga 3,6 Mbps (Mega bit per second) atau 50 kali lebih cepat dari dial up internet biasa.  Saat ini tengah dilakukan ujicoba peningkatan kecepatan HSDPA menjadi 7,2 Mbps. Paling tidak ada 20 site node B (HSDPA) yang telah ditingkatkan kapasitasnya dari 3,6 Mbps menjadi 7,2 Mbps.

Layanan data di Indonesia memiliki prospek cerah. Pada tahun 2010 pelanggan mobile data diprediksi mencapai lebih dari 120 juta. Sementara jumlah pengguna internet diperkirakan mencapai 58,7 juta.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: