Posted by: difershindo | October 17, 2008

Daerah Dikritik Soal Biaya Izin Menara

Menkominfo, Moh. Nuh meminta pemerintah daerah menerapkan biaya yang wajar dalam proses perizinan pembuatan menara telekomunikasi. Biaya perizinan bisa mempengaruhi investasi dan teledensitas yang diinginkan oleh operator.

Jika pemerintah daerah menerapkan biaya di luar batas kewajaran, menurut Moh. Nuh, investor, operator dan pengusaha konstruksi enggan membangun menara di wilayah itu. Akibatnya, investasi di daerah berhenti dan layanan jaringan telekomunikasi tidak maksimal.

Jika pemerintah daerah menarik biaya terlalu tinggi, pada akhirnya masyarakat yang rugi. “Oleh karena itu yang wajar-wajar saja. Bisnis yang berada di koridor kewajaran akan enak,” kata Moh. Nuh akhir pekan lalu setelah mengunjungi Lembaga Kantor Berita Nasioanal Antara di Jakarta.

Moh Nuh menerangkan, biaya perizinan disetiap daerah memang tidak sama karena kondisi dan potensi masing-masing daerah berbeda. Ini terjadi karena konsekuensi desentralisasi dan otonomi daerah. Itu sebabnya, Dep. Komunikasi dan Informatika bersama dep. Dalam Negeri akan membuat standarisasi biaya perizinan. Dua departemen itulah yang akan membuat panduan biaya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi Dep. Komunikasi dan Informatika, Basuki Yusuf Iskandar menyatakan, menurut informasi biaya civil work (pajak dan perizinan), pembangunan menara telekomunikasi lebih tinggi dibandingkan dengan harga komponen infrastruktur elektroniknya. Karena itu, Basuki meminta pemerintah daerah tidak membebani pajak atau biaya perizinan yang memberatkan pengusaha.

“Yang rasional saja, jangan membebani terlalu banyak,” ujar Basuki di kantornya. Meski di sisi lain kondisi ini bagus untuk mendorong para operator agar menggunakan menara bersama, ia mengatakan, “Di sini tidak berbicara tentang telekomunikasi saja, tetapi juga teknologi informasi dan komunikasi secara keseluruhan


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: